Karakter Kewirausahaan dalam Budaya Indonesia | Salsa Bella

Mahasiswi S1 Farmasi (Tingkat 1) Institut Kesehatan Mitra Bunda

banner 468x60

ACADEMICS.web.id – Secara sederhana, definisi “wirausaha” adalah proses mengidentifikasi, mengembangkan, dan membawa visi ke dalam kehidupan yang mengarah pada pembentukan sebuah usaha. Menurut Burgess (1993), wirausaha ialah seseorang yang melakukan pengelolaan, mengorganisasikan, serta memiliki keberanian untuk menanggung segala risiko dalam menciptakan peluang usaha serta berbagai usaha yang baru. Orang yang melakukan wirausaha dinamakan wirausahawan, Wirausahawan memulai bisnis baru dengan menghadapi risiko dan ketidakpastian dengan tujuan memperoleh keuntungan dan pertumbuhan. Mereka juga menemukan peluang dan menggabungkan sumber daya yang diperlukan untuk memanfaatkan peluang tersebut. Seorang wirausahawan harus memiliki karakteristik yang dikembangkan untuk membantu mencapai keberhasilan dan mendorong inovasi untuk pengembangan bisnis dan menjaga bisnis tetap pada tahap yang stabil.

Dalam konteks wirausaha, ciri-ciri kewirausahaan mengacu pada karakteristik  khusus yang dimiliki  seorang wirausaha yang memungkinkan mereka  mengambil risiko, berinovasi, mandiri, gigih, visioner, fleksibel, percaya diri, bertanggung jawab, dan berorientasi pada pelanggan. Kewirausahaan dapat mendorong inovasi dan menciptakan solusi baru untuk masalah yang ada dalam masyarakat.

banner 336x280

Menurut buku Pendidikan Kewirausahaan: Teori untuk Pembuktian Praktik & Praktik untuk Pembuktian Teori (2020), inovasi adalah kecenderungan atau kemampuan untuk terus menemukan cara baru untuk menyelesaikan masalah dan situasi yang berbeda. Agar bisa menumbuhkan karakter inovatif, Seseorang harus memiliki keinginan untuk memperhatikan lingkungan sekitarnya. Ini termasuk keinginan untuk mendengarkan orang lain dan menemukan hal baru. Kreativitas seorang wirausaha dapat menciptakan ide dan produk bisnis yang tidak terbatas pada produk atau bisnis sejenis saja.. Oleh karena itu,  kreativitas harus dibarengi dengan  inovasi yang tujuannya adalah untuk menciptakan minat  pelanggan terhadap bisnis yang sedang dikembangkan.@

Penulis:

Salsa Bella:
Mahasiswi S1 Farmasi (Tingkat 1) Institut Kesehatan Mitra Bunda
banner 336x280

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *